er

Thursday 19 December 2013

CARA AGAR TIDAK KONSUMTIF



Faktor lingkungan dan bertebarannya iklan yang memikat bisa membuat seseorang berperilaku konsumtif. Menurut Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) konsumtif diartikan sebagai kecenderungan manusia untuk menggunakan konsumsi tanpa batas. 

Secara lebih rinci Assuari S. dalam buku Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep, dan Strategi menyebutkan sebab perilaku konsumtif adalah ingin tampil beda dari yang lain, bangga atas penampilan dirinya, ikut-ikutan, dan ingin menarik perhatian orang lain.

1. Tentukan budget belanja 
Menurut Pandji Harsanto, seorang perencana keuangan independen, idealnya nilai uang belanja bulanan adalah sebesar 30-50 persen dari pendapatan. Belanja di sini termasuk biaya sandang, pangan, dan hiburan. 

2. Tentukan prioritas 
Pilih dengan cermat urutan barang yang menjadi prioritas. 

3. Bawa uang tunai atau gunakan kartu belanja 
Dengan menyingkirkan kartu kredit selagi berbelanja, Anda dapat membatasi nilai belanja. Selain membawa uang tunai, Anda juga dapat menggunakan kartu prepaid atau kartu belanja. Kartu ini nilainya bisa disesuaikan dengan anggaran belanja Anda. 

Tindakan konsumtif dapat memengaruhi gaya hidup Anda saat pensiun nanti. Jangan sampai saat Anda sudah tidak produktif lagi, Anda harus bekerja lagi demi memenuhi kebutuhan hidup.

No comments :

Post a Comment